>

Saturday, November 23, 2013

Macam-macam godaan syetan

Macam-macam godaan syetan

Seperti yang dikatakan dalam Al-Quran, Allah Swt menciptakan manusia dan jin hanya untuk menyembah kepadaNya.

$tBur àMø)n=yz £`Ågø:$# }§RM}$#ur žwÎ) Èbrßç7÷èuÏ9 ÇÎÏÈ

Dan takkan kuciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembah kepadaKu (Adzariyyat:56).
Munusia yang ingkar terhadap perintah ini dinamakan orang kafir, sedangkan jin yang mengingkar perintah ini dinamakan Syetan. Kemudian dalam perkembangannya jin yang mengingkari perintah Allah (Syetan) bersekonkol dan menjadi bala tentaranya Iblis untuk menggelinciri manusia dengan berbagai macam cara dan jalan dari hal yang diridhai Allah Swt.

Adapun yang namanya Iblis pada hakikatnya adalah yang ingkar terhadap perintah Allah Swt untuk sujud kepada nabi Adam as. Iblis inilah yang menjadi rajanya Syetan, seluruhnya  akan tunduk terhadap komando iblis untuk mencari teman sebanyak-banyaknya untuk menenmani mereka didalam neraka nanti. Maka ,merekapun melakukan suatu proklamasi yang bisa kit abaca dalam surah Al-A`raf: 16-17

.
tA$s% !$yJÎ6sù ÏZoK÷ƒuqøîr& ¨byãèø%V{ öNçlm; y7sÛºuŽÅÀ tLìÉ)tFó¡ãKø9$# ÇÊÏÈ §NèO Oßg¨YuÏ?Uy .`ÏiB Èû÷üt/ öNÍkÉ÷ƒr& ô`ÏBur öNÎgÏÿù=yz ô`tãur öNÍkÈ]»yJ÷ƒr& `tãur öNÎgÎ=ͬ!$oÿw¬ ( Ÿwur ßÅgrB öNèdtsVø.r& šúï̍Å3»x© ÇÊÐÈ

16.  Iblis menjawab: "Karena Engkau Telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,
17.  Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).

            Sebagian ahli tafsir menjelaskan bahwa jika iblis menggoda dari arah depan, yang dimaksud dari arah depan adalah dunia, sehingga manusia menjadikan dunia sebagai akhir dari tujuan penciptaannya. Ia pergi pagi pulang sore banting tulang peras keringat hanya untuk kepentingan dunia, dunia yang membuat orang berpaling daripada akhirat, dunia yang membuat manusia lupa terhadap tujuan penciptaanya. Maka duni termasuk perangkap Iblis. Apa isi dunia itu? Biasanya yang lazim “tiga ta” yaitu harta, tahta, wanita. Itu yang bikin orang sampai lupa dengan tujuan penciptaanya, untuk apa dia diciptakan oleh Allah.

            Kemudian yang dimaksud dengan arah belakang adalah melupakan Akhirat. Dibuatnya manusia terlena dengan keindahan dunia kemudian dia jadikan menusia untuk melupakn Akhirat

            Yang dimaksud dengan arah sebelah kanan adalah iblis dan semua baltentaranya selalu menghlag halangi manusia untuk melakuka kebaikan, karena kanan adalah lambang kebajikan.

            Sedangkan maksudnya dari arah kiri adalah digodanya untuk selalu melakukan kejahtan sebab kiri adalah lambang kejahatan. Dicegahnya berbuat kebaikan dan didorongnya untuk selalu melakukan kejahatandan kemunkaran.

Dan akan engkau dapati sedikit sekali diantara mereka yang bersyukur atas nikmat yang telah engkau berikankepada mereka. Jika kita tidak kupur iman, dibuatnya kufur nikmat. Mengeluh padahal hidup sudah serba cukup, merasa masih kurang padahal orang lain sudah titik air liurnya melihat keadaan kita. Sedikit sekali diantara mereka yang oandai bersyukur. Bahasa ringannya “coba liat, temanmu yang tidak pernah sholat rizkinya lancer bener, kamu berhenti saja sholat, yang tidak pernah ke mesjid pangkatnya naik terus, udah berhenti saja ke mesjid”, atau setidak-tidaknya mengeluh dalam hati “tuhan kayaknya tidak adil, kenapa saya rajin shalat kok seret bener”. Padahal pada dasarnya kalau kita mau berfikir kepada yang paling mendasar, Allah selalu memberikan yang terbaik untuk kita. Jika ini yang terbaik buat kita, inilah yang terbaik menurut pertimbangan Allah, jika menuntut lebih lagi mungkin dengan keadaan yang lebih itu kita tergelincir dari jalan Allah danAllah lebih tauhu itu. Sebagai pencipta manusia Allah lebih tau tentang kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi terhadap ciptaannya, bahasa ringannya “rizki kamu segini saja kamu rajin shalat, entar kalau rizki kamu Saya tambah jadi orang kaya dikit entar takutnya ngelihat mesjid minggir”. Allah selalu memberikan yang terbaik buat kita.

Adpun setan dan iblis sudan menyadari betul bahwa tempatnya sudah pasti di neraka, maka tujuan selanjutnya adalah bagaimana mencari teman sebanyak-banyaknya untuk menemani mereka di neraka nanti. Inilah yang menyebabkan mereka banting tulang untuk menggoda manusia

Untuk itu hendaknya kita harus sadar semua adalah tipu daya syetan agar kita tidak terjerumus kedalam kemaksiatan yang akan menghantarkan kita masuk kedalam neraka bersama-sama dengannya.

Demikianlah artikes singkat ini, semoga bermanfaat dan semoga kita semua terlindung dari godaan syetan yang terkutuk. Amin.

No comments: